Mata kuliah analisia pasar dan perilaku konsumen membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen beserta elemen-elemen yangterkait, termasuk didalamnya penerapan berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, sosiologi, anthropologi, dan komunikasi. Perilaku konsumendalamhal ini mencakup perilaku dan pengambilan keputusan, baik dalam kaitannya dengan pembelian maupun penggunaan produk barangataupun jasa. Pembahasan kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilankeputusankonsumen secara terpadu dalam strategi permasaran. Selanjutnya dibahas anteseden perilaku konsumen dalam melakukan pembelianmulaidari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok refresni. Sedangkan dari faktor internal akan dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi. Perilaku konsumen pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, sepertibudaya, sub-budaya, dan kelompok referensi; maupun faktor internal konsumen sendiri seperti motivasi, persepsi, sikap, dankepribadian.