Family Business Kewirausahaan : UKM & Family Business
Mata Kuliah Kewirausahaan : UKM & Family Business akan mempelajari tentang bisnis yang dimiliki dan/atau dikelola oleh beberapa orang yang memiliki hubungan kekeluargaan.
SIM B1 2024-2025 Sistem Informasi Manajemen 3Manajemen B1 Ganjil 2024-2025
PRAKTIK PERPAJAKAN (PRK.PJK-5M.24) PRAKTIK PERPAJAKAN (PRK.PJK-5M.24)
Deskripsi Praktik Perpajakan
Mata kuliah Praktikum Perpajakan dilaksanakan setelah mahasiswa menempuh dan lulus mata kuliah Perpajakan. Praktikum Perpajakan. berkaitan dengan praktik perpajakan pada suatu Badan dan Orang Pribadi. Dalam kegiatan praktik ini, mahasiswa akan menyelesaikan semua aspek yang dihadapi oleh Badan dan Orang Prbadi, yaitu mulai perhitungan pajak, pembayaran pajak, pemotongan dan pemungutan, penyusunan, penyetoran pajak, dan pengisian formulir SPT pajak.
MANAJEMEN PEMASARAN (M.PMSR-3M.24) MANAJEMEN PEMASARAN (M.PMSR-3M.24)
Deskripsi Mata Kuliah Manajemen Pemasaran
Mata kuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21, analisis kesempatan pasar, pengembangan strategi pemasaran, pengambilan keputusan pemasaran, dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, maka pemahaman terhadap teknologi tersebut dalam menunjang dunia pemasaran menjadi sangatlah berarti, seperti misalnya e-commerce, e-trading, e-banking dan lainnya.
Etika BisProf Etika Bisnis dan Profesi 7 Manajemen Keuangan, Pemasaran, SDM dan SDM B Ganjil 2024-2025
Mata kuliah ini mengajarkan agar mahasiswa memiliki kemampuan memahami penerapan etika dalam kegiatan bisnis dan mempelajari pengembangan profesi akuntansi yang memberikan suatu gambaran cermat, benar dan legimate mengenai dinamika organisasi bisnis/korporasi
KBEMN PENGANGGARAN PERUSAHAAN
Pemahaman pengetahuan akan anggaran perusahaan sudah menjadi suat keharusan bagi mahasiswa fakultas ekonomi sebagai media sebelum mereka menerapkan dalam arti yang sesungguhnya dalam dunia praktis.
Anggaran yang disusun dengan baik dan cermat akan menjadi penuntun yang sangat berguna bagi keberhasilan operasional perusahaan. Kami mencoba memaparkan secara utuh mekanise penyusunan anggaran secara runtut mulai kapan anggaran tersebut dibuat, contoh soal serta penyelesainnya, untuk itu perlu dibaca halaman secara lengkap sehingga diharapkan akan mudah memahaminnya.
KBEMN-46315 ANALISA PASAR & PERILAKU KONSUMEN
Mata kuliah analisia pasar dan perilaku konsumen membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen beserta elemen-elemen yangterkait, termasuk didalamnya penerapan berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, sosiologi, anthropologi, dan komunikasi. Perilaku konsumendalamhal ini mencakup perilaku dan pengambilan keputusan, baik dalam kaitannya dengan pembelian maupun penggunaan produk barangataupun jasa. Pembahasan kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilankeputusankonsumen secara terpadu dalam strategi permasaran. Selanjutnya dibahas anteseden perilaku konsumen dalam melakukan pembelianmulaidari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok refresni. Sedangkan dari faktor internal akan dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi. Perilaku konsumen pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, sepertibudaya, sub-budaya, dan kelompok referensi; maupun faktor internal konsumen sendiri seperti motivasi, persepsi, sikap, dankepribadian.
Manj Ritel MANAJEMEN RITEL
Melalui matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dalam manajemen bisnis ritel sehingga dapat mengelola bisnis dengan baik. Dalam keseluruhan pembelajaran matakuliah ini, mahasiswa akan membahas konsep, fungsi, definisi, tipe, pentingnya, dan tren dalam manajemen ritel. Mahasiswa menganalisis perilaku konsumen retail, faktor-faktor yang mempengaruhi, proses dan tipe-tipe pengambilan keputusan konsumen retail.
Kemampuan untuk melakukan segmentasi dan mendesain strategi pasar untuk bisnis retail akan diperkuat secara serius. Selain kemampuan menganalisis lingkungan bisnis untuk menentukan lokasi bisnis ritel, pengelolaan aneka merchandise, harga barang, dan komunikasi pelanggan yang mampu menghasilkan keuntungan, mahasiswa dibantu untuk menguasai keterampilan mengelola jasa dan hubungan dengan pelanggan dalam bisnis ritel, menerapkan strategi keuangan bisnis ritel, dan mengelola menajemen sumber daya manusia dalam binis retail.
Materi pembelajaran/Pokok bahasan:
1. Ruang lingkup bisnis ritel
2. Strategi pemasaran bisnis ritel
3. Strategi sumber daya manusia bisnis ritel
4. Strategi keuangan bisnis ritel
5. Aspek lokasi, infomasi, desain toko
6. Manajemen hubungan, perencanaan dan pengelolaan barang dagangan
7. Aspek jasa
8. Penanganan konflik
9. Branding dan posisioning
KBMN_46314 6MKeu_A1 MANJ INV PORTOFOLIO
Tujuan investasi meliputi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Proses investasi berkenaan dengan bagaimana seharusnya seorang investor membuat keputusan mengenai kepemilikan sekuritas, seberapa ekstensif investasi sebaiknya dilakukan, dan kapan investasi seharusnya dilaksanakan. Dalam arti luas investasi berarti menempatkan sejumlah dana saat ini dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Ada dua atribut yang melekat yaitu: risiko dan waktu. Di beberapa kasus , elemen waktu merupakan faktor yang mendominasi (misalnya obligasi pemerintah).
KKEMN-44315 MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN 4_MKEU_A1
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan Manajemen Keuangan yang nantinya diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu :
1 menganalisis pendekatan rasio keunagan dan menganalisis Analisis
Laporan Keuangan
2. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam
menentukan dan mengambil keputusan dengan tepat sumber pembelanjaan jangka
panjang,
3. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam
menentukan dan mengambil keputusan dengan tepat Cost of capital, struktur
modal, pendanaan kembali obligasi, leasing, kebijakan deviden dan merger.
4. memahami dan dan menjelaskan , menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis dan inovatif dalam menentukan dan mengambil keputusan manajemen
investasi dan sekurits.
SKB4MSDMA1__B1 STUDI KELAYAKAN BISNIS
Menurut Rangkuti (2012), “studi kelayakan bisnis dan investasi adalah analisis kelayakan tentang dapat tidaknya suatu proyek dilaksanakan. Dimana proyek yang dianalisis berupa proyek bisnis atau proyek investasi dengan tujuan separuh bisnis dan separuh sosial, seperti proyek investasi pembangunan jalan tol, kawasan industri, terminal, serta berbagai proyek investasi lainnya”. Sedangkan menurut Suliyanto (2010), “studi kelayakan bisnis merupakan penelitian yang bertujuan untuk memutuskan apakah sebuah ide bisnis layak untuk dilaksanakan atau tidak. Sebuah ide bisnis dinyatakan layak untuk dilaksanakan jika ide tersebut dapat mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi semua pihak (stake holder) dibandingkan dampak negatif yang ditimbulkan”.
KNB Genap TA 2023/2024 Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Genap TA 2023/2024
Komunikasi dan Negosiasi Bisnis merupakan pengetahuan tepritis dan praktis yang harus dipahami oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk membekali diri agar sukses mencapai tujuan individu dan tujuan organisasi.
Komunikasi bisnis dapat dilakukan secara verbal dan non verbal.
Seorang pembisnis harus memiliki keterampilan berkomunikasi dan bernegosiasi, komunikasi : berbicara, menulis dan mendengar secara efektif dan efisien.
Sejalan dengan perkembangan era global, maka tuntutan kemampuan berkomunikasi bisnis tidak hanya antar perusahaan di suatu negara tetapi juga komunikasi lintas budaya dan negara
Mahasiswa juga perlu memahami negosiasi dan perkembangan teknologi informasi yang menghasilkan berbagai jenis media komunikasi bisnis