Melalui matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu membuat perencanaan dalam manajemen bisnis ritel sehingga dapat mengelola bisnis dengan baik. Dalam keseluruhan pembelajaran matakuliah ini, mahasiswa akan membahas konsep, fungsi, definisi, tipe, pentingnya, dan tren dalam manajemen ritel. Mahasiswa menganalisis perilaku konsumen retail, faktor-faktor yang mempengaruhi, proses dan tipe-tipe pengambilan keputusan konsumen retail.

Kemampuan untuk melakukan segmentasi dan mendesain strategi pasar untuk bisnis retail akan diperkuat secara serius. Selain kemampuan menganalisis lingkungan bisnis untuk menentukan lokasi bisnis ritel, pengelolaan aneka merchandise, harga barang, dan komunikasi pelanggan yang mampu menghasilkan keuntungan, mahasiswa dibantu untuk menguasai keterampilan mengelola jasa dan hubungan dengan pelanggan dalam bisnis ritel, menerapkan strategi keuangan bisnis ritel, dan mengelola menajemen sumber daya manusia dalam binis retail.

Materi pembelajaran/Pokok bahasan:

1. Ruang lingkup bisnis ritel

2. Strategi pemasaran bisnis ritel

3. Strategi sumber daya manusia bisnis ritel

4. Strategi keuangan bisnis ritel

5. Aspek lokasi, infomasi, desain toko

6. Manajemen hubungan, perencanaan dan pengelolaan barang dagangan

7. Aspek jasa

8. Penanganan konflik

9. Branding dan posisioning