Menurut Crawley dan Montain membaca pada hakikatnya adalah suatu
yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekadar melafalkan tulisan
tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berfikir, psikolinguistik, dan
metakognitif, sebagai proses visual membaca merupakan proses
menerjemahkan simbol tulis (huruf) kedalam kata-kata lisan. Sebagai suatu
proses berpikir, membaca mencakup aktivitas pengenalan kata, pemahaman
literal, interpretasi, membaca kritis dan dan pemahaman kreatif.5
Membaca merupakan proses memahami dan merekonstruksi makna yang
terkandung dalam bahan bacaan. Pesan atau makna yang terkandung dalam teks
bacaan merupakan interaksi timbal balik, interaksi aktif, dan interaksi dinamis antara pengetahuan dasar yang dimiliki pembaca dengan kalimat-kalimat, fakta,
dan informasi yang tertuang dalam sebuah bacaan. Informasi yang terdapat
dalam bacaan merupakan informasi yang kasat mata atau dapat disebut dengan
sumber informasi visual.