Mata kuliah statistika dalam program studi Teknologi Hasil Pertanian bertujuan untuk memberikan pemahaman yang kokoh tentang konsep-konsep dasar statistika dan kemampuan untuk menerapkannya dalam analisis data dan pengambilan keputusan dalam konteks pertanian dan teknologi hasil pertanian.

  1. Dasar-dasar statistika: Ini termasuk konsep dasar seperti pengertian data, jenis-jenis data, pengukuran pusat data (mean, median, mode), dan pengukuran penyebaran data (range, varian, deviasi standar).

  2. Probabilitas: Ini mencakup konsep-konsep dasar probabilitas seperti aturan probabilitas, distribusi probabilitas diskrit (misalnya, distribusi binomial, distribusi Poisson) dan distribusi probabilitas kontinu (misalnya, distribusi normal), serta aplikasinya dalam konteks pertanian.

  3. Statistika inferensial: Ini mencakup teknik-teknik statistika yang digunakan untuk membuat inferensi atau generalisasi tentang populasi berdasarkan sampel data. Ini termasuk estimasi parameter populasi, pengujian hipotesis, dan analisis varians.

  4. Regresi dan analisis regresi: Ini termasuk teknik-teknik untuk memodelkan dan menganalisis hubungan antara variabel-variabel, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, serta aplikasinya dalam konteks pertanian.

  5. Metode pengambilan sampel: Ini mencakup teknik-teknik yang digunakan untuk memilih sampel-sampel dari populasi secara representatif, serta pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan dalam proses pengambilan sampel.

  6. Analisis data multivariat: Ini mencakup teknik-teknik untuk menganalisis data yang melibatkan lebih dari satu variabel, seperti analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan, serta aplikasinya dalam konteks pertanian.