A.    MANFAAT MATA KULIAH

Dengan mengambil mata kuliah PRAKTIKUM PERANCANGAN SISTEM INDUSTRI DASAR (Basic Industrial System Design Practicum) ini, mahasiswa diharapkan mempunyai pemahaman aplikatif tentang perancangan sistem industri yang menitikberatkan pada tahapan awal dalam melakukan analisis perancangan dan pengambilan keputusan untuk merancang sistem perusahaan secara terintegrasi baik pada manufaktur maupun jasa sesuai keilmuan Teknik Industri berdasarkan prinsip-prinsip perancangan ilmiah. Dengan memahami dan menyelesaikan praktikum perancangan sistem industri dasar ini, mahasiswa akan dapat melakukan perancangan awal hingga proses pembiayaan untuk mewujudkan hasil rancangannya.

 

 

B.     DESKRIPSI MATA KULIAH

MK ini memberikan kemampuan aplikatif pada mahasiswa untuk dapat melakukan perancangan sistem industri secara terintegrasi pada tahap awal, berdasarkan prinsip-prinsip perancangan ilmiah hingga proses pembiayaan untuk mewujudkan hasil rancangannya.

Dengan sub pokok bahasan: Introduction to Practicum on Industrial System Design, Market Research and Sales Forecasting, Product Design, Process Design, Operation Design, Facilities Design, Cost Determination, serta Procure Funds.