A.    MANFAAT MATA KULIAH

Dengan mengambil mata kuliah TECHNOPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN) ini, mahasiswa diharapkan mampu menangkap peluang usaha dan dapat menuangkannya ke dalam business plan yang efektif dalam rangka untuk merealisasikannya.

 

B.     DESKRIPSI MATA KULIAH

MK ini memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang usaha berbasis teknologi sesuai dengan bidang keahlian mahasiswa, serta mengembangkan peluang usaha tersebut. Matakuliah ini menggabungkan pengenalan teori dan praktek langsung secara terintegrasi dalam mengembangkan ide dan peluang usaha. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menuangkan peluang usaha ke dalam business plan yang efektif dalam bentuk proposal technopreneurship.

  

Dengan sub pokok bahasan: Pendahuluan, Introduction to Technopreneurship, Ekosistem Technopreneurship, Peluang Usaha dan Memulai Bisnis, Menilai Kebutuhan, Posisi, dan Pengembangan Usaha, Pembiayaan Bisnis dan Pengembangan Produk & Jasa, The Marketing Concept & Marketing Mix, Membangun Start Up, Etika Bisnis, Srategic Bussines Plan & Srategic Marketing Plan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Technopreneurship dan Inovasi di Era Digital, serta Presentasi dan Pengumpulan Proposal Technopreneurship.