A.    DESKRIPSI MATA KULIAH

MK ini merupakan mata kuliah yang pada tahap awalnya membahas identifikasi perancangan produk dan karakteristik, proses pengembangan produk, teknik pendekatan yang digunakan, organisasi perancangan dan pengembangan produk, tahap lanjutnya adalah perencanaan produk,identifikasi keinginan konsumen, efektifitas dan efisiensi dalam perencanaan produk yang ergonomi,arsitektur, desain manufaktur dan perakitan sampai pada pembuatan prototipe atau model.

Dengan sub pokok bahasan: Faktor-Faktor Permasalahan Produk & Ruang Lingkup, Strategi Perusahaan dalam Pengelolaan Produk, Faktor Pasar & STP, Perilaku Konsumen pada Produk, Teknik-Teknik Kreativitas, Analisis Kesenjangan Produk, QFD (Quality Function Development), Karakteristik Perancangan Produk, Model Perancangan Produk, Proses Perancangan Produk Penetapan Fungsi Produk yang Akan Dirancang, Klasifikasi Tujuan Rancangan Produk, Evaluasi Alternatif Rancangan Produk Uji Produk Pra-Produksi, Teknik Penyempurnaan Produk Deming Cycle, dan Organisasi Pengembangan Produk Paten pada Produk Hakcipta Suatu Produk..

B.    MANFAAT MATA KULIAH

Dengan mengambil mata kuliah PERANCANGAN & PENGEMBANGAN PRODUKI (PRODUCT DESIGN & DEVELOPMENT) ini, mahasiswa mempunyai pemahaman tentang konsep, metode dan aplikasi dari perencanaan produk, pengembangan produk sehingga ketika mahasiswa telah lulus dalam studinya dapat berguna dalam dunia kerja maupun dalam berwiraswasta