A.    DESKRIPSI MATA KULIAH

MK ini merupakan mata kuliah pilihan yang menekankan pada implementasi inovasi terhadap organisasi bisnis dan bagaimana memulai inovasi bisnis pada usaha yang memang didesain untuk berbasis inovasi. Dengan demikian, bahasan tentang langkah-langkah dan tantangan melaksanakan inovasi dalam organisasi bisnis serta respon konsumen dan anggota organisasi terhadap inovasi itu akan menjadi penting. Mata kuliah ini juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk merumuskan peluang bisnis sekaligus membahas aspek komersialisasinya. Dengan demikikian, kesadaran akan pentingnya inovasi sebagai pemberi nilai tambah dan peningkat daya saing bisnis dan bangsa akan bisa menguat.  

Dengan sub pokok bahasan: Pengantar Manajemen Inovasi, Perencanaan Inovasi Internal, Implementasi Inovasi Internal, Evaluasi Inovasi Internal, Contoh Inovasi di Dunia Riil, Teknologi Manufaktur, Manajemen Adopsi Teknologi, Teknometrik, Metode Analisis Persaingan Bisnis, Analisis Suatu Industri/Usaha Riil, Studi Kasus Kebutuhan Inovasi Teknologi, serta Penilaian Tingkat Teknologi Suatu Usaha/Industri Riil Menggunakan Teknometrik.

B.    MANFAAT MATA KULIAH

Dengan mengambil mata kuliah MANAJEMEN INOVASI (INNOVATION MANAGEMENT) ini, mahasiswa mampu mengenal perkembangan teknologi dan melakukan penilaian terhadap penguasaan teknologi pada suatu organisasi (perusahaan atau negara), sehingga dapat melakukan analisis untuk menyusun manajemen strategi teknologi dan struktur organisasi riset dan perkembangan teknologi untuk peningkatan daya saing organisasi tersebut. Mahasiswa juga memahami pentingnya inovasi dalam kehidupan, terutama dunia kerja, cara-cara mengelola berbagai sumber daya untuk mengelola inovasi. Disamping itu, mahasiswa juga dapat merencanakan satu proyek inovasi yang menjamin kelangsungan inovasi di perusahaan.