Pada mata
kuliah ini dibahas
konsep tentang
makna dan
kedudukan evaluasi
dalan pembelajaran
matematika,
hakikat evaluasi
pembelajaran,
pengelompokkan
alat ukur yaitu
bagaimana kriteria
pengukuran atau
alat ukur yang baik,
pengembangan
penilaian tes baik
tes obyektif maupun
tes uraian yaitu
bagaimana menulis
tes obyektif dan tes
uraian yang baik
serta
pengembangan
penilaian nontes
seperti angket,
wawancara, dan
portofolio.
Mengembangkan
soal PISA dan
TIMMS, kualitas
alat penilaian
antara lain validitas,
reliabilitas, tingkat
kesukaran, dan
daya pembeda.
Aktivitas yang
dilakukan dalam
perkuliahan ini
yaitu
mengembangan alat
evaluasi secara
kelompok dan
perhitungan
kualitas alat penilaian,
pengembangan nilai
evaluasi, kemudian
uji coba dilapangan
dan terakhir
paparan hasil uji
coba
