Pada mata

kuliah ini dibahas

konsep tentang

makna dan

kedudukan evaluasi

dalan pembelajaran

matematika,

hakikat evaluasi

pembelajaran,

pengelompokkan

alat ukur yaitu

bagaimana kriteria

pengukuran atau

alat ukur yang baik,

pengembangan

penilaian tes baik

tes obyektif maupun

tes uraian yaitu

bagaimana menulis

tes obyektif dan tes

uraian yang baik

serta

pengembangan

penilaian nontes

seperti angket,

wawancara, dan

portofolio.

Mengembangkan

soal PISA dan

TIMMS, kualitas

alat penilaian

antara lain validitas,

reliabilitas, tingkat

kesukaran, dan

daya pembeda.

Aktivitas yang

dilakukan dalam

perkuliahan ini

yaitu

mengembangan alat

evaluasi secara

kelompok dan

perhitungan

kualitas alat penilaian,

pengembangan nilai

evaluasi, kemudian

uji coba dilapangan

dan terakhir

paparan hasil uji

coba