MATERI : RESPON SISTEM DAN TEORI LAPLACE

Pada pertemuan minggu ke 4 dilaksanakan secara online yaa mahasiswa semester ENAM -C

Respon sistem/ tanggapan sistem adalah perubahan perilaku output / keluaran  terhadap perubahan sinyal masukan input. Tanggapan sistem berupa kurva  yang menjadi dasar untuk menganalisa  karakteristik system selain menggunakan   persamaan/model   matematika. Bentuk  kurva  respon  sistem  dapat  dilihat setelah mendapatkan sinyalmasukan . Sinyal input yang diberikan untuk mengetahui karakteristis system disebut sinyal test.

Transformasi Laplace : Instrumen transformasi yang banyak digunakan adalah transformasi Laplace. Model matematik sistem dalam bentuk aljabar biasa ini lebih sederhana dan mudah dikelola dengan kaidah aljabar untuk mendapatkan respon sistem ketika menerima input. Setelah manipulasi model matematik dalam domain s , persamaan karakteristik ditransformasi Laplace balik (invers Laplace) ke domain t. Parameter input kemudian di masukkan ke dalam persamaan untuk mendapatkan respon sistem.

Untuk Bahan ada pada buku : Teknik Kendali by Bambang Riyanto  dan buku ke dua Buku pemodelan dan Simulasi Sistem  karangan Bambang Sridadi