MK ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang keprofesian Teknik Industri dan norma-norma baik hukum atau etika profesi. Dengan bekal kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan kaidah-kaidah tersebut dalam proses industri atau dunia usaha.

Sub pokok bahasan: Pendahuluan, Profesional & Profesionalisme, Organisasi Profesi dan Kode Etik Profesi Teknik Industri, Standar Manajemen Industri, Peraturan & Regulasi, Aspek Bisnis Bidang Produksi & Desain, Konsultan Engineering, Berbagai Jenis Profesi Bidang Teknik Industri dan Sertifikat Profesi, Penerapan Etika, Hak Cipta, UU Hak Cipta, Pembajakan Hak Cipta, HAKI, dan UU tentang Paten & Merek.

Dengan mengambil mata kuliah ETIKA PROFESI & HAKI (Professional Ethics & Intellectual Property Rights) ini, mahasiswa memiliki pengetahuan tentang teori Etika Profesi dan HAKI beserta segala permasalahan dan metode pemecahannya, serta mampu menganalisis Etika Profesi dan aturan hukum HAKI yang berlandaskan pada kaidah norma dan budaya serta kaidah hukum normatif.