Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa Program Pendidikan Agama Islam, UNIM Mojokerto sebagai bagian dari pendidikan dan pelatihan agar mahasiswa sebagai calon guru PAI profesiobal dapat menganalisis, mengembangkan, meyusun serta mengajarkan materi-materi pembelajaran SKI di MTs secara efektif, efisien dan menyenangkan.

Pembelajaran Mata Kuliah ini akan dilaksanakan dengan 2 pendekatan yaitu: 1) Pendekatan ekspositori, pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang definisi, prinsip dan konsep serta memberikan contoh-contoh pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, tanya jawab, penugasan dan Mahasiswa mengikuti pola yang ditetapkan oleh dosen secara cermat.

20 Pendekatan inkuiri, yaitu pembelajaran dimana mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan. Penempatan mahasiswa lebih banyak belajar sendiri serta mengembangkan keaktifan dalam memecahkan masalah.

Hasil pembelajaran mata kuliah ini selain sejumlah kompetensi yang dimiliki juga dalam bentuk Produk berupa buku pengembangan matei SKI yang dapat diajarkan di MTs.