Mata kuliah Kewirausahaan merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa S-1 Jurusan Manajemen. Matakuliah ini diajarkan dalam 14 kali pertemuan, dengan metode pembelajaran ceramah, ekspositori, pembelajaran kelompok, problem solving dan studi literatur. Adapun ruang lingkup mata kuliah ini melingkupi Konsep umum kewirausahaan dan karakteristik wirausaha, Identifikasi peluang usaha, Kreativitas dan Inovasi, Intrapreneurship, Strategi pemasaran dan saluran distribusi, Strategi promosi, strategi penentuan harga, Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Franchise, Sumber modal usaha dan Perhitungan titik impas, Etika bisnis, Perencanaan bisnis (bisnis plan) dan Praktek kegiatan kewirausahaan secara nyata. Pada akhir kegiatan kuliah, mahasiswa diharapkan mampu untuk menyusun perencanaan bisnis sehingga dapat mempraktekkan kegiatan kewirausahaan minimal di lingkungan kampus.

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun perencanaan bisnis sehingga dapat mempraktekkan kegiatan kewirausahaan secara nyata.